MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 3 No. 2 (2025): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Juni 2025

Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika di SDN 068083 Tanjung Rejo

Tanjung, Darinda Sofia (Unknown)
Gulo, Willfrida Purnama Sari (Unknown)
Kudadiri, Efani (Unknown)
Sitio, Sahmaita (Unknown)
Purba, Diana Kristina Br (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 068083 Tanjung Rejo dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Permasalahan yang dihadapi adalah masih banyak siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada materi pecahan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menerapkan model Jigsaw, hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Siswa menjadi lebih aktif, motivasi belajar meningkat, dan nilai rata-rata kelas naik. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Jigsaw dapat membantu meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...