Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 2 No. 3 (2025): April

Strategi Pengelolaan Lingkungan Belajar di RA Miftahul Jannah Binjai untuk Pendidikan Anak Usia Dini

Ningsih, Arie Dwi (Unknown)
Laura, Angel (Unknown)
Hartaty, Diva Trisna (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2025

Abstract

Pendidikan anak usia dini bertujuan mengembangkan potensi anak secara menyeluruh dan mempersiapkan mereka untuk pendidikan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan lingkungan belajar di RA Miftahul Jannah, yang meliputi dua ruang kelas, area outdoor, dan 40 siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data terkait pengelolaan lingkungan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun fasilitas yang ada cukup memadai dan pengelolaan lingkungan belajar dilakukan dengan baik, masih terdapat tantangan yang perlu diatasi. Salah satu kendala utama adalah kurangnya fasilitas permainan outdoor yang memadai, serta rendahnya pengetahuan pendidik tentang pengelolaan lingkungan belajar yang efektif. Temuan ini menunjukkan pentingnya peningkatan kualitas fasilitas dan pengembangan pengetahuan di kalangan pendidik untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif. Dengan perhatian yang lebih pada aspek-aspek ini, RA Miftahul Jannah dapat lebih efektif dalam mendukung perkembangan optimal anak-anak. Penelitian ini menekankan bahwa investasi dalam pendidikan anak usia dini dan pengelolaan lingkungan belajar yang tepat sangat penting untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

paud

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ISSN 3026-4081 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. PAUD publishes four issues annually in the months of October, January, April, and July. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not ...