Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 5, No 1 (2025): APRIL 2025

ANALISIS KESESUAIAN STANDAR MUTU BUKU TEKS MATA PELAJARAN IPS PESERTA DIDIK KELAS VIII

Suhaida, Suhaida (Unknown)
Karolina, Venny (Unknown)
Syahrudin, Husni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian standar mutu buku teks Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk siswa kelas VIII berdasarkan empat aspek utama, seperti standar materi, penyajian, desain, dan grafis sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan menggunakan metode analisis dokumen dan dokumentasi. Data yang digunakan berupa data primer, dan dianalisis dengan teknik triangulasi penyidik, yang memastikan keabsahan data melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Buku teks IPS kelas VIII sangat sesuai dengan standar mutu dari sisi materi; (2) Penyajian isi buku juga sangat sesuai dengan ketentuan standar mutu; (3) Pada aspek desain, terdapat ketidaksesuaian, terutama pada penomoran halaman isi yang tidak selaras dengan daftar isi; dan (4) Dari segi grafika, buku menunjukkan kesesuaian yang sangat baik dengan standar yang ditetapkan. Temuan ini memberikan gambaran umum mengenai kualitas buku teks IPS kelas VIII serta menjadi masukan dalam pengembangan buku ajar yang sesuai dengan standar mutu buku.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPIPS

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

SOSIAL KHATULISTIWA Jurnal Pendidikan IPS (SKJPI) is an open access, and peer-reviewed journal. SKJPI aims to disseminate Conceptual thinking or ideas, reviews, and research findings/results in Social Studies Education. The results of research and analysis contained in the journal accommodate ...