Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2025): In Process

Peran Penggunaan Teks Al-Qur’an dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Pendidikan Agama Islam di SMPS IT Ad Durrah Medan

Fauzie Ramadhan (Unknown)
Parlaungan Lubis (Unknown)
Indra Suardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teks Al-Qur’an sebagai sumber nilai dan media pembelajaran dalam proses Pendidikan Agama Islam di SMPS IT ad Durrah Medan, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat efektivitas penggunaan teks Al-Qur’an dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis teks Al-Qur’an terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa secara kognitif, afektif, dan psikomotorik. Efektivitas ini didukung oleh pemilihan ayat-ayat yang kontekstual, metode tafsir dan diskusi, serta partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan waktu, variasi kemampuan bahasa Arab, dan keterbatasan media, guru yang kreatif mampu mengatasinya dengan pendekatan diferensiasi, pemanfaatan media digital, dan penguatan kegiatan Qur’ani. Siswa pun merespons positif karena merasa pembelajaran menjadi lebih bermakna dan relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...