Penelitian ini bertujuan buat menganalisis impak penerapan media belajar berbasis ICT (Information and Communication Technology) terhadap akibat belajar mata pelajaran Pendidikan agama Islam (PAI) peserta didik kelas X SMA Perguruan Islam Cerdas Murni Pasar VII Tembung. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya akibat belajar siswa di materi Al-Qur’an Hadis yang selama ini masih didominasi metode pembelajaran konvensional, sebagai akibatnya diperlukan penemuan berupa penggunaan media PowerPoint menjadi salah satu bentuk media pembelajaran berbasis ICT. Metode penelitian yg digunakan ialah kuantitatif menggunakan pendekatan eksperimen semu (quasi-experiment) memakai desain pretest-posttest non-equivalent control group. Sampel penelitian terdiri berasal 2 kelas, yaitu kelas eksperimen yang memakai media PowerPoint berbasis ICT serta kelas kontrol yg menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa tes yang akan terjadi belajar dan angket persepsi siswa. yang akan terjadi penelitian membagikan adanya peningkatan signifikan di yang akan terjadi belajar siswa pada kelas eksperimen dibandingkan menggunakan kelas kontrol, yg dibuktikan melalui analisis statistik naratif dan inferensial (uji-t). Penggunaan media PowerPoint berbasis ICT terbukti dapat menaikkan pemahaman, motivasi, dan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran PAI, khususnya di materi Al-Qur’an Hadis. Penelitian ini merekomendasikan supaya pengajar serta forum pendidikan lebih mengoptimalkan pemanfaatan media berbasis ICT dalam proses pembelajaran guna menaikkan mutu pendidikan agama Islam di era digital.
Copyrights © 2025