Journal of Economic Education and Eco-technopreneurship
Vol. 4 No. 1 (2025): June Edition

Pengaruh Media Pembelajaran IPS Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X-L MAN 2 Model Medan

Umi Al Mas, Khairunnisa (Unknown)
Erisa Aulia Sihotang, Sabrina (Unknown)
Ramadhani, Sri (Unknown)
Apriyani, Gresia (Unknown)
Yuni, Revita (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran mempengaruhi minat belajar siswa kelas X di MAN 2 Model Medan. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran yang tidak melibatkan teknologi atau media interaktif. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, yang menggunakan teknik regresi linier sederhana. teknik total sampling digunakan untuk mengambil sampel dari 35 siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel media pembelajaran mempengaruhi minat belajar siswa dengan baik. Dengan tingkat signifikansi 0,012 < 0,05 maka hipotesis alternatif diterima karena nilai thitung 2,648 lebih besar dari t tabel 2,034 . Ada persamaan regresi Y = 23,974 + 0,408X. Namun, nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,175 menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat menyebabkan 17,5% variasi minat belajar. Hasilnya menunjukkan bahwa media yang tepat dan menarik mampu mempengaruhi semangat belajar siswa secara signifikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JECO

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Fokus artikel yang dapat diterbitkan terkait dengan pendidikan ekonomi, ilmu ekonomi dan kewirausahaan. Berikut adalah menjabarannya: Pendidikan Ekonomi meliputi; Model, strategi, pendekatan, pengembangan bahan ajar dan media dalam pembelajaran Ekonomi. Ilmu Ekonomi meliputi: Kajian ilmiah terkait ...