Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran mempengaruhi minat belajar siswa kelas X di MAN 2 Model Medan. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran yang tidak melibatkan teknologi atau media interaktif. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, yang menggunakan teknik regresi linier sederhana. teknik total sampling digunakan untuk mengambil sampel dari 35 siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel media pembelajaran mempengaruhi minat belajar siswa dengan baik. Dengan tingkat signifikansi 0,012 < 0,05 maka hipotesis alternatif diterima karena nilai thitung 2,648 lebih besar dari t tabel 2,034 . Ada persamaan regresi Y = 23,974 + 0,408X. Namun, nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,175 menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat menyebabkan 17,5% variasi minat belajar. Hasilnya menunjukkan bahwa media yang tepat dan menarik mampu mempengaruhi semangat belajar siswa secara signifikan.
Copyrights © 2025