Journal Liaison Academia and Society
Vol 5, No 2: Juni 2025

Penggunaan Media E-Book dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VIII SMP MADANI

Tanjung, Yulia Tiara (Unknown)
Priono, Joko (Unknown)
Rahman, Arief (Unknown)
Lestari, Dewi Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Kegiatan  ini  bertujuan   untuk   meningkatkan   hasil  belajar  siswa   melalui penerapan media e-book berbasis digital pada mata pelajaran Matematika di kelas VIII  di  SMP  Madani.  Kegiatan  ini  menggunakan  pendekatan Kegiatan  Tindakan  Kelas  (PTK). Subjek Kegiatan terdiri atas 30 siswa kelas VIII-3. Data dikumpulkan melalui   pre-test   dan   post-test,   observasi,   angket,   dan   wawancara.   Hasil Kegiatan  menunjukkan  peningkatan  nilai  rata-rata  dari  68,5  (pra-siklus) menjadi  79,8  (siklus  I)  dan  89,8  (siklus  II).  Analisis  N-Gain  menunjukkan peningkatan  dari  kategori  sedang  (0,50)  ke  tinggi  (0,75).  Selain  itu,  siswa memberikan respons positif terhadap e-book yang digunakan, terutama karena tampilannya yang menarik, kontennya yang mudah dipahami, dan keberadaan evaluasi formatif di dalamnya. Kegiatan ini menyimpulkan bahwa penggunaan e-book  yang  dikembangkan  berdasarkan  prinsip  teori  pembelajaran  kognitif dan  multimedia  learning  efektif  dalam  meningkatkan  pemahaman  konsep, keterlibatan  aktif,  dan  pembelajaran  mandiri.  Kebaruan  dari  Kegiatan  ini terletak pada pengembangan e-book yang didasarkan pada refleksi dan umpan balik  siswa.

Copyrights © 2025