Jurnal Kajian Pendidikan Islam
Volume 4 Nomor 1 Januari 2025

Konsep Profil Pelajar Rhamatan lil ‘Alamin (P2RA) dalam Kurikulum Merdeka Madrasah ; Upaya Memperkuat Moderasi Beragama

Robihah, Anti Tazkiyatur (Unknown)
Jamil, Hanifatun (Unknown)
Safitri, Chairun Nisa (Unknown)
Ummamah, Dzaqirotul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji pentingnya Proyek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan lil 'Alamin (P2RA) dalam Kurikulum Merdeka Madrasah dengan penekanan pada upaya memperkuat sikap moderasi beragama di kalangan peserta didik. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka yang menganalisis berbagai literatur terkait moderasi beragama dan P2RA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa P2RA efektif dalam membentuk karakter moderat, meningkatkan toleransi, serta mengembangkan keterampilan sosial peserta didik. Strategi implementasi meliputi integrasi intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, dengan melibatkan guru, orang tua, dan masyarakat. Penelitian ini merekomendasikan penguatan nilai moderasi beragama dalam Kurikulum Merdeka untuk mendukung pembentukan karakter siswa yang moderat dan inklusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kajian Pendidikan Islam adalah media publikasi ilmiah peer-review yang berfokus pada hasil penelitian di bidang Pendidikan Karakter, Pendidikan Islam untuk Transformasi Sosial, Kepemimpinan Pendidikan Islam, Kebijakan Pendidikan Islam, Inovasi Pendidikan Islam, Filsafat Pendidikan Islam, ...