Latar Belakang: Pemanfaatan teknologi menjadi krusial dalam mengatasi tantangan implementasi Kurikulum Merdeka, khususnya terkait keterbatasan waktu dan rendahnya literasi digital guru dalam menyusun modul ajar yang adaptif. Tujuan: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) dalam pembuatan modul ajar dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di Kota Samarinda. Metode: Pendekatan Community Development digunakan melalui tahapan identifikasi kebutuhan, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Kegiatan dilaksanakan secara daring dalam bentuk workshop. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan bahwa dari 55 peserta aktif mengikuti pelatihan, namun hanya 26 peserta yang berhasil menghasilkan modul ajar mandiri berbasis AI. Hambatan utama adalah kurangnya literasi digital dan komunikasi peserta. Kesimpulan: Kegiatan ini membuktikan bahwa AI efektif digunakan untuk mendukung guru menyusun pembelajaran adaptif sesuai Kurikulum Merdeka. Oleh karena itu, perlu difokuskan pelatihan lanjutan dengan integrasinya dalam evaluasi pembelajaran dan penilaian berbasis proyek.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025