Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2025)

Pembelajaran Kreatif dalam Kurikulum Merdeka: Meningkatkan Pengembangan Siswa

Nafa, Isna Farihatul Husna (Unknown)
Magfiroh, Norma Hasanatul (Unknown)
Maulani, Iqbal Azam (Unknown)
Aminul, M. Rifqi (Unknown)
Aziz, Rahmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Pendidikan yang terus berkembang, pendekatan pembelajaran kreatif menjadi salah satu faktor kunci dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Kurikulum merdeka hadir sebagai inovasi dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk memberikan kebebasan bagi peserta didik dalam mengembangkan potensi secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pembelajaran kreatif dalam proses pembelajaran di MTs Hasyim Asy’ari dengan menggunakan kurikulum merdeka. Metode pada penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 5 guru di MTs Hasyim Asy’ari. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kreatif berbasis kurikulum merdeka di MTs Hasyim Asy’ari mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal melalui pendekatan projek, fleksibilitas modul ajar, dan keterlibatan aktif yang mendukung pembentukan karakter, kreativitas dan literasi digital. Metode pembelajaran kreatif menyediakan fleksibiltas dan variasi yang lebih besar sehingga dapat memenuhi kebutuhan peserta didik yang beragam. Penelitian ini menekankan bahwa pembelajaran kreatif sebagai pendorong pengembangan keterampilan holistik serta menekankan relevansinya dalam sistem pendidikan modern di seluruh dunia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edukasiana

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Edukasiana is a scientific journal published by Papanda. The purpose of this journal publication is to disseminate new theories and research results that have been achieved in the field of education. Edukasiana has been published online since 2022. This Journal was published in January, April, July, ...