Borobudur Educational Review
Vol 5 No 1 (2025)

Analisis keterampilan guru dalam mengadakan variasi media pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

Amananda, Novalia (Unknown)
Fatmaryanti, Siska Desy (Unknown)
Anjarini, Titi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2025

Abstract

Variasi media pembelajaran merupakan keterampilan mengajar yang penting untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran pembelajaran IPA di sekolah dasar. Penggunaan beragam media pembelajaran dapat membantu murid memahami konsep secara konkret dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan mengajar guru dalam mengadakan variasi media pembelajaran IPA di sekolah dasar serta menganalisis kendala yang dialami guru dalam menngadakan variasi media pembelajaran IPA di sekolah dasar. Peneitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru mengadakan variasi media pembelajaran dalam kategori cukup baik, namun hanya sebagaian guru yang menerapkannya. Guru masih cenderung menggunakan satu jenis media, meskipun variasi yang ditetapkan telah meningkatkan keterlibatan murid. Namun, masih terdapat kendala dalam penggunaan media berbasis teknologi. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi guru dan penyediaan fasilitas pendukung menjadi faktor penting dalam optimalisasi variasi media pembelajaran di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bedr

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Aims BEDR is a peer-reviewed Journal of educational Studies published by Universitas Muhammadiyah Magelang. This journal published biannually and provides a forum for publishing the original research articles, review articles, and case study on the scope. This journal is issued twice a year and it ...