ECJ: Early Childhood Journal
Vol. 5 No. 1 (2024)

Analisis Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik Kurikulum Merdeka di TK Keledang

Faizah, Alya (Unknown)
Susanti, Devi Triana (Unknown)
Amalia, Ratih (Unknown)
Apriansyah, Adam Hasyim (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan guru dalam mengimplementasikan penilaian autentik berdasarkan Kurikulum Merdeka di tingkat PAUD, khususnya di TK Keledang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menghadapi beberapa tantangan, antara lain ketidakhadiran anak yang tidak konsisten, keterbatasan waktu dalam mencatat perkembangan anak, minimnya pemahaman guru terhadap metode penilaian autentik, serta beban administrasi yang tinggi. Solusi yang dilakukan meliputi pendekatan kepada orang tua, pencatatan sederhana secara bertahap, pemanfaatan alat bantu edukatif, dan pembagian penilaian ke dalam kelompok kecil. Selain itu, pelatihan yang diberikan oleh sekolah serta kolaborasi antarguru turut mendukung upaya implementasi penilaian autentik. Penelitian ini menegaskan pentingnya dukungan berkelanjutan dalam bentuk pelatihan dan kebijakan yang mendukung fleksibilitas guru dalam melaksanakan penilaian autentik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ecj

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Neuroscience Public Health Other

Description

Early Childhood Journal (ECJ): The Early Childhood and Parenting Studies Journal (e-ISSN 2723-2395/ecj) publishes research articles, conceptual articles, reports field studies, the best practices and policies of early childhood learning in national and international stage . The articles of this ...