Jurnal ABDI PAUD
Vol. 6 No. 1 (2025): JUNI

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PAUD DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI KURIKULUM DAN EVALUASI PEMBELAJARAN MELALUI PELATIHAN BERBASIS MASALAH

Ratnawati, Sri (Unknown)
Rafianti, Ria (Unknown)
Barkara, Refli (Unknown)
Hasibuan, Rizki (Unknown)
Efendi, Nofriza (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam menyusun administrasi kurikulum dan evaluasi pembelajaran melalui pelatihan berbasis masalah. Pelatihan ini dirancang untuk mengatasi kesulitan yang sering dihadapi guru dalam menyusun dokumen kurikulum dan merancang instrumen evaluasi yang efektif. Metode yang digunakan meliputi pendekatan partisipatif, workshop, pendampingan, serta praktik langsung dengan studi kasus nyata. Peserta pelatihan terdiri dari 25 guru PAUD yang berasal dari berbagai lembaga pendidikan di wilayah tersebut. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru dalam menyusun modul ajar, rubrik penilaian, serta asesmen formatif dan sumatif. Guru juga mampu mengidentifikasi serta memecahkan permasalahan nyata dalam praktik pembelajaran secara kolaboratif. Kegiatan ini berdampak pada peningkatan kualitas perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah serta mendorong budaya reflektif di kalangan guru. Pelatihan berbasis masalah terbukti efektif dalam meningkatkan kapasitas profesional guru secara kontekstual dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

abdipaud

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

ABDI PAUD : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dibidang Pendidikan Anak Usia Dini adalah jurnal ilmiah multidisiplin diterbitkan pertama kali pada tahun 2020 oleh Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun (Juni dan ...