Edu Geography
Vol. 13 No. 1 (2025): VOL 13 NO 1 (2025)

Pengaruh Model Pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (REQOL) Berbasis Nearpod Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa

Yuwono, Andini Inka (Unknown)
Astutik, Sri (Unknown)
Nurdin, Elan Artono (Unknown)
Pangastuti, Era Iswara (Unknown)
Kurnianto, Fahmi Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi siswa, guru dan media sumber belajar pada suatu lingkungan pembelajaran. Pemanfaatan model dan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (REQOL) berbasis nearpod terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Metode penelitian eksperimen dengan desain posttest only control group design. Hasil post-test kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen memiliki rata-rata 71.25 sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata 58.13. Data hasil uji t-test berdasarkan pest-test kemampuan berpikir kreatif menunjukkan nilai sig. (2-Tailed) 0,001. Sehingga didapatkan ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran REQOL berbasis nearpod terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa di kelas eskperimen dan kelas kontrol.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edugeo

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Edu Geography Journal [p-ISSN 2252-6684|e-ISSN 2549-0346 ]is a Peer Reviewer Journal published by the Department of Geography, Faculty of Social Sciences, Semarang State University. Each year consists of 3 editions in April, August and November. This journal publishes 10 articles. Edu Geography ...