Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Peserta didik kelas IV-A Sekolah Dasar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Kahoot. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan Observasi, Penilaian dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar Peserta didik setelah penerapan model PBL berbantuan Kahoot mulai dari pratindakan, siklus I dan siklus II, yaitu 67,85 pada tahap pratindakan meningkat menjadi 73,80 pada siklus I dan kemudian meningkat menjadi 88,95 pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan Kahoot efektif dalam meningkatkan hasil belajar Peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV-A Sekolah Dasar.
Copyrights © 2025