JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Implementasi Artificial Intelligence (AI) terhadap Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Putri, Anggie Ananda (Unknown)
Syahrani, Anggun (Unknown)
Syahidah, Welldiani (Unknown)
Putri, Aulia (Unknown)
Avsha, Adika (Unknown)
Nurjannah, Adektikah (Unknown)
Reinita, Reinita (Unknown)
Salmaini, Salmaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2025

Abstract

Di era pendidikan abad ke-21, kompetensi utama yang harus dimiliki oleh siswa salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Kehadiran teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI) seperti Puzzle Maker, Wordwall, dan ChatGPT dinilai mampu menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, responsif, dan terpersonalisasi, sehingga dapat menunjang meningkatnya keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak penerapan AI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar melalui metode kajian pustaka secara sistematis (Systematic Literature Review). Berdasarkan telaah terhadap sepuluh artikel yang relevan, ditemukan bahwa pemanfaatan AI dalam proses pembelajaran memberikan kontribusi positif yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...