JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Sinergi Kreatifitas dalam Membangun Keterampilan Anak Melalui Ecoprint dan Gelang Manik-Manik di Griya Yatim & Dhuafa

Ningsih, Ayu Melati (Unknown)
Siregar, Nurhafni (Unknown)
Desniarti, Desniarti (Unknown)
Simanjuntak, Ivena Br (Unknown)
Nabila, Nurul (Unknown)
Purba, Elda Naida (Unknown)
Bancin, Fiti Pransiska (Unknown)
Muzayyanah, Ismi Alfi (Unknown)
Zebua, Mesra Belinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Proyek Kepemimpinan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas anak-anak di Panti Asuhan Griya Yatim dan Dhuafa melalui pelatihan pembuatan gelang manik-manik dan ecoprint. Kegiatan dirancang sebagai sinergi antara kreativitas dan teknologi sederhana, seperti pemanfaatan alat bantu praktis dan media visual, untuk membangun kemandirian dan kepercayaan diri peserta. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, kegiatan ini melibatkan 15 anak berusia 10–12 tahun dengan metode langsung dan partisipatif. Hasil menunjukkan bahwa peserta tidak hanya antusias, tetapi juga mampu menghasilkan karya yang bernilai seni dan berpotensi ekonomi. Proyek ini memperkuat kompetensi sosial calon guru melalui keterlibatan aktif dan empatik dalam komunitas. Inisiatif ini membuktikan bahwa pendidikan berbasis kreativitas dan pendekatan humanistik, yang dipadukan dengan pemanfaatan teknologi sederhana, mampu menciptakan dampak positif dan berkelanjutan bagi anak-anak dan lingkungan sekitar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...