Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III di SD Negeri 1 Selanbawak. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain tiga siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 11 siswa kelas III SD Negeri 1 Selanbawak. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan menyimak yang dilakukan pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyimak siswa yang signifikan dengan penggunaan media audio visual. Pada siklus I, rata-rata nilai posttest siswa mencapai 68 dengan 36% siswa mencapai ketuntasan. Pada siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 75 dengan 64% siswa mencapai ketuntasan. Pada siklus III, rata-rata nilai mencapai 82 dengan 82% siswa mencapai ketuntasan. Penambahan elemen interaktif seperti diskusi kelompok dan tanya jawab terbukti meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa.
Copyrights © 2025