JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar

Rahindra, Rahadian (Unknown)
Yunus, Mahmud (Unknown)
Maulida, Kamila Syifa (Unknown)
Annur, Risnayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Project Based Learning dalam pembelajaran pendidikan multikultural di sekolah dasar, khususnya pada materi keberagaman dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL efektif dalam menanamkan nilai-nilai multikultural, seperti toleransi, kerja sama, dan empati. Tahapan pembelajaran yang sistematis mulai dari pencarian informasi, penyusunan proyek, games interaktif, hingga evaluasi, berhasil meningkatkan partisipasi aktif peserta didik dan membentuk sikap saling menghargai. Model ini juga mendukung pengembangan dimensi profil pelajar Pancasila.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...