JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Menerapkan Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di TK Pelangi

Manalu, Ines (Unknown)
Simaremare, Aman (Unknown)
Anggraini, Elya Siska (Unknown)
Sitanggang, Nadia Febrian (Unknown)
Belinda, Jessica (Unknown)
Putri, Aminati (Unknown)
Pinem, Rahel Jesiska (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis optimalisasi peran kepala sekolah TK Pelangi dalam menyiapkan guru siap inklusi bagi anak berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiadaan guru pendamping di kelas menjadi hambatan utama dalam pelaksanaan pendidikan inklusi. Guru utama mengalami kesulitan dalam memberikan layanan optimal kepada anak berkebutuhan khusus, sehingga kepala sekolah perlu mengambil langkah strategis seperti menyediakan pelatihan khusus dan merekrut guru pendamping. Optimalisasi peran kepala sekolah sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, suportif, dan mampu memenuhi hak pendidikan anak berkebutuhan khusus secara maksimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...