JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Media Pembelajaran Happy Notes untuk Meningkatkan Pemahaman Possessive Adjective Siswa Kelas V SDN 060843 Medan

Aulia, Dwi Nissa (Unknown)
Mirza, Raifan Syafiq (Unknown)
Damanik, Hotni Artadinata (Unknown)
Siahaan, Miranda (Unknown)
Ramadhani, Nanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Penguasaan possessive adjective dalam Bahasa Inggris sering menjadi tantangan bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Happy Notes dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas V di SD Negeri 060843 Kota Medan. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan satu siklus yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Happy Notes dirancang secara visual menarik serta melibatkan aktivitas motorik siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan hasil belajar, di mana tingkat ketuntasan meningkat dari 40% pada pra-siklus menjadi 75% setelah tindakan. Happy Notes terbukti efektif menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, serta membantu siswa memahami tata bahasa secara lebih konkret. Media ini juga mampu meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga dapat direkomendasikan sebagai alat bantu ajar dalam pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...