Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran mufradat (kosakata) bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar siswa kelas IV pada tingkatan sekolah dasar dalam pembelajaran mufradat dengan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pendekatan kualitatif dipilih untuk menggali secara mendalam mengenai motivasi belajar siswa dalam pembelajaran mufradat dengan metode ceramah di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT). Studi kasus dipilih karena fokus penelitian diarahkan pada satu kelas dan satu konteks spesifik secara intensif dan mendalam dengan subjek sebanyak 15 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi, terutama motivasi intrinsik yang mendorong mereka untuk aktif dan tekun dalam mengikuti pembelajaran mufradat. Selain itu, motivasi ekstrinsik berupa nilai, pujian, dan hadiah juga berperan dalam meningkatkan semangat belajar siswa. Faktor internal dan eksternal sama-sama mempengaruhi motivasi belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode ceramah efektif dalam meningkatkan motivasi belajar mufradat siswa kelas IV dan didukung oleh faktor internal serta faktor eksternal. Disarankan agar guru terus memanfaatkan berbagai metode agar dapat menghadirkan motivasi belajar para siswa dalam mengoptimalkan pembelajaran mufradat dan melakukan penelitian lanjutan dengan metode pembelajaran yang lain.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025