Artikel ini bertujuan untuk menganalisis tentang penerapan benchmarking dan alat TQM sebagai strategi peningkatan kualitas pendidikan. Benchmarking adalah metode terorganisir untuk mendapatkan pandangan baru tentang tuntutan pengguna. TQM adalah penggabungan semua fungsi dan proses dalam organisasi untuk mencapai tujuan peningkatan kualitas produk yang berfokus pada kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini membahas TQM sebagai strategi peningkatan kualitas pendidikan. Melalui literatur terkait, Strategi Benchmarking dalam Institusi Pendidikan ini mengikuti pola pendekatan dasar yang terdiri dari empat langkah. Pendekatan tersebut berdasarkan pada metode mutu mendasar yang dikenal dengan sebutan siklus Deming atau siklus PDCA (rencanakan-lakukan-periksa-tindak). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kepustakaan (library research), metode kepustakaan merupakan pengumpulan informasi dengan cara menganalisis dan mengevaluasi teori-teori berdasarkan hasil analisis kepustakaan yang berkaitan dengan penelitian. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja Pengertian TQM dan Benchmarking, prinsip TQM, jenis benchmarking, Hubunggan antara TQM dan Benchmarking, dan Konsep Strategi peningkatan kualitas pendidikan.
Copyrights © 2025