JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Penerapan Benchmarking dan Alat TQM sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan

Septiani, Iga (Unknown)
Nasution, Ita Saiyah (Unknown)
Hasri, Salfen (Unknown)
Sohiron, Sohiron (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis tentang penerapan benchmarking dan alat TQM sebagai strategi peningkatan kualitas pendidikan. Benchmarking adalah metode terorganisir untuk mendapatkan pandangan baru tentang tuntutan pengguna. TQM adalah penggabungan semua fungsi dan proses dalam organisasi untuk mencapai tujuan peningkatan kualitas produk yang berfokus pada kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini membahas TQM sebagai strategi peningkatan kualitas pendidikan. Melalui literatur terkait, Strategi Benchmarking dalam Institusi Pendidikan ini mengikuti pola pendekatan dasar yang terdiri dari empat langkah. Pendekatan tersebut berdasarkan pada metode mutu mendasar yang dikenal dengan sebutan siklus Deming atau siklus PDCA (rencanakan-lakukan-periksa-tindak). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kepustakaan (library research), metode kepustakaan merupakan pengumpulan informasi dengan cara menganalisis dan mengevaluasi teori-teori berdasarkan hasil analisis kepustakaan yang berkaitan dengan penelitian. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja Pengertian TQM dan Benchmarking, prinsip TQM, jenis benchmarking, Hubunggan antara TQM dan Benchmarking, dan Konsep Strategi peningkatan kualitas pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...