JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Layanan, dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen di Suzuya Lhokseumawe

Lubis, Adelina (Unknown)
Sitompul, Reginawati (Unknown)
Adilla, Syarifah Khalisa (Unknown)
Lingga, Rosi Dearan S (Unknown)
Telaumbanua, Rizky Idaman (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh inovasi produk, inovasi layanan, dan inovasi promosi secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan konsumen di Suzuya Lhokseumawe. Penurunan kepuasan pelanggan meskipun perusahaan telah menggunakan berbagai taktik inovasi adalah hal yang mendorong penelitian ini. Sebanyak 180 orang yang telah membeli di Suzuya setidaknya dua kali dalam enam bulan sebelumnya berpartisipasi dalam survei sebagai bagian dari pendekatan kuantitatif. Efek parsial dan simultan dari ketiga variabel independen terhadap kepuasan pelanggan diselidiki dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Dengan nilai R2 sebesar 0,817, temuan ini menunjukkan bahwa secara bersamaan, inovasi produk, layanan, dan promosi secara signifikan berdampak pada kebahagiaan pelanggan. Secara parsial, setiap variabel juga memiliki dampak yang besar, tetapi yang paling penting adalah inovasi promosi (β = 0,408), yang diikuti oleh inovasi layanan (β = 0,368) dan inovasi produk (β = 0,174). Hasil ini menunjukkan betapa pentingnya pendekatan inovasi terintegrasi untuk meningkatkan pengalaman berbelanja dan menumbuhkan loyalitas pelanggan. Studi ini memberikan saran yang berguna bagi manajemen Suzuya tentang bagaimana memusatkan inovasi pemasaran mereka, terutama pada taktik promosi digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...