JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Video Animasi sebagai Solusi Inovatif dalam Pembelajaran To Be bagi Siswa Sekolah Dasar

Siregar, Suci Khairani (Unknown)
Panjaitan, Kezia Romasta (Unknown)
Maharaja, Wina Yunita (Unknown)
Aulia, Rahma (Unknown)
Ramadani, Nanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan video animasi sebagai alat inovatif dalam mengajarkan kata kerja to be (am, is, are) kepada siswa sekolah dasar. Penelitian dilakukan secara kualitatif deskriptif di SD Negeri 064976 Medan dengan melibatkan 20 siswa kelas tiga. Sebelum pembelajaran, banyak siswa mengalami kesulitan menggunakan to be dalam kalimat sederhana berbahasa Inggris. Setelah menyaksikan video animasi yang dirancang dengan konteks dan karakter yang sesuai usia, siswa mengikuti diskusi dan latihan menyusun kalimat. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa dengan ketuntasan yang meningkat dari 40% menjadi 80%. Siswa juga menjadi lebih aktif, percaya diri, dan tertarik menggunakan bahasa Inggris. Kombinasi visual, narasi, dan situasi yang relevan menjadikan konsep tata bahasa yang abstrak lebih mudah dipahami. Studi ini menegaskan bahwa video animasi dapat menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan efektif serta mendukung prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...