JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTS EXPGA UNIVA Medan

Nasution, Abdul Fattah (Unknown)
Alfa, Lutfiah Malaya (Unknown)
Alyani, Filza (Unknown)
Puspita, Dhea (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru di MTS EXPGA UNIVA Medan, serta mengevaluasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat efektivitas implementasi strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian mencakup kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan yang relevan. Penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan berbagai strategi terintegrasi, seperti pembinaan rutin melalui pertemuan reflektif, pelaksanaan supervisi akademik yang berorientasi pada perbaikan instruksional, pemberian motivasi melalui pendekatan personal dan kolektif, serta fasilitasi pelatihan dan pengembangan profesional guru secara berkelanjutan. Strategi ini mencerminkan pelaksanaan fungsi-fungsi kepemimpinan EMASLIM yang efektif dan responsif terhadap kebutuhan institusi. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi tersebut meliputi tingginya komitmen guru dalam mengembangkan diri, partisipasi aktif komite sekolah, serta budaya kerja kolaboratif di lingkungan sekolah. Sementara itu, faktor penghambatnya meliputi keterbatasan fasilitas pembelajaran, beban administratif guru, dan alokasi waktu yang kurang memadai untuk kegiatan pengembangan. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa kepemimpinan strategis kepala sekolah memainkan peran sentral dalam menciptakan lingkungan kerja yang profesional, inovatif, dan adaptif terhadap dinamika pendidikan. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi lembaga pendidikan lain dalam merumuskan kebijakan peningkatan kinerja guru yang berkelanjutan..

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...