JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Strategi Pengembangan Pengajaran Non-Academik Untuk Meningkatkan Keterampilan Hidup Peserta Didik di MDTA

Maulidayani, Maulidayani (Unknown)
Aldini, Rizka (Unknown)
Ramadhani, Fauzia (Unknown)
Siregar, Siti Nurhalizah (Unknown)
Kesuma, Panji (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi peningkatan keterampilan hidup siswa melalui program pengajaran non-akademik di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Muhammadiyah 27 Medan. Metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan survei untuk mengidentifikasi kegiatan yang dilaksanakan, manfaat yang diharapkan, serta faktor pendukung dan penghambat keberhasilan program. Penelitian membuktikan bahwa program non-akademik yang dirancang secara sistematis dan mendapat dukungan aktif dari para pemangku kepentingan mampu memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan kepribadian, kemampuan bersosialisasi, serta rasa percaya diri siswa. Kesimpulan dari studi ini menegaskan pentingnya perencanaan matang, kolaborasi yang baik, serta evaluasi berkelanjutan untuk memastikan efektivitas program dalam membentuk keberhasilan peserta didik dalam menghadapi tantangan masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...