Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Vol. 5 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh

TRANSFORMASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SMP: PRAKTIKALISASI DAN EFEKTIVITAS SPARKOL VIDEOSCRIBE BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK

Arlin Maya Sari (Unknown)
Sinaga, Nurul Afni (Unknown)
Ucia Mahya Dewi (Unknown)
Tulus Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Media pembelajaran konvensional sering kali belum mampu menarik minat siswa dan mengaitkan materi dengan konteks kehidupan sehari-hari. Keterbatasan ini berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran yang menuntut pemahaman konsep secara konkret seperti matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran animasi berbasis Sparkol Videoscribe dengan pendekatan realistik dalam meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang difokuskan pada tahap implementasi dan evaluasi. Uji coba dilakukan pada dua sekolah, yaitu SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 3 Dewantara, dengan melibatkan total 42 siswa kelas VIII. Instrumen penelitian meliputi angket respon siswa dan tes hasil belajar. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media tergolong “sangat praktis” dengan rata-rata skor kepraktisan 88,62%, dan “sangat efektif” berdasarkan tingkat ketuntasan belajar siswa yang mencapai 85,4%. Temuan ini menunjukkan bahwa media animasi Sparkol Videoscribe berbasis pendekatan realistik layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran digital yang interaktif dan kontekstual pada jenjang SMP.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh focuses on the publication of the result of scientific research to the field of mathematics education. The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, ...