Media pembelajaran konvensional sering kali belum mampu menarik minat siswa dan mengaitkan materi dengan konteks kehidupan sehari-hari. Keterbatasan ini berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran yang menuntut pemahaman konsep secara konkret seperti matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran animasi berbasis Sparkol Videoscribe dengan pendekatan realistik dalam meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang difokuskan pada tahap implementasi dan evaluasi. Uji coba dilakukan pada dua sekolah, yaitu SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 3 Dewantara, dengan melibatkan total 42 siswa kelas VIII. Instrumen penelitian meliputi angket respon siswa dan tes hasil belajar. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media tergolong “sangat praktis” dengan rata-rata skor kepraktisan 88,62%, dan “sangat efektif” berdasarkan tingkat ketuntasan belajar siswa yang mencapai 85,4%. Temuan ini menunjukkan bahwa media animasi Sparkol Videoscribe berbasis pendekatan realistik layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran digital yang interaktif dan kontekstual pada jenjang SMP.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025