Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 4 (2025): Irje 2025

Peran Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Siswa

Juwairiah, Juwairiah (Unknown)
Lubis, M.Syukri Azwar (Unknown)
Rizki, Melinda Yusri (Unknown)
Aminuddin, Rosihan (Unknown)
Darwata, Siti Riva (Unknown)
Zainudin, Moh. (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran Augmented Reality (AR) dalam meningkatkan pemahaman konsep sains siswa sekolah menengah. Dengan pendekatan kualitatif melalui studi kasus, penelitian dilakukan di lingkungan pembelajaran alami dengan melibatkan siswa dan guru yang telah menggunakan AR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AR efektif dalam memvisualisasikan konsep-konsep abstrak menjadi model interaktif tiga dimensi, sehingga memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam sesuai dengan prinsip konstruktivisme. Teknologi ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa tetapi juga memungkinkan pembelajaran yang lebih personal melalui eksplorasi mandiri. Namun, implementasi AR menghadapi beberapa tantangan, termasuk keterbatasan infrastruktur, kesiapan guru, dan kesesuaian konten dengan kurikulum lokal. Studi ini merekomendasikan pengembangan konten AR yang lebih kontekstual, pelatihan guru yang memadai, serta kolaborasi antara pengembang teknologi dan pendidik. Temuan penelitian memberikan kontribusi penting dalam memahami potensi AR sebagai media pembelajaran inovatif, sekaligus menyoroti aspek-aspek yang perlu diperhatikan untuk optimalisasi penggunaannya di kelas sains.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...