Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Evaluasi pembelajaran merupakan komponen penting dalam sistem pendidikan yang berfungsi sebagai alat ukur keberhasilan proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kualitatif deskriptif dengan pendekatan kajian literatur, yang mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber pustaka terkait konsep, tujuan, dan mengapa evaluasi pembelajaran berperan penting terhadap peningkatan kualitas belajar mahasiswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran berperan signifikan dalam memberikan umpan balik, mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan pembelajaran, serta merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Kesimpulannya, penerapan evaluasi pembelajaran yang tepat dan berkelanjutan dapat meningkatkan efektivitas proses belajar, mendorong partisipasi aktif mahasiswa, dan menunjang pencapaian tujuan pembelajaran secara optimal.
Copyrights © 2025