Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 6 (2025): BESIRU : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Juni 2025

PELATIHAN PENGEMBANGAN MODUL AJAR MENGGUNAKAN UNDERSTANDING BY DESIGN (UbD) UNTUK GURU MATEMATIKA MA DI JAKARTA

Retariandalas (Unknown)
Ramli, Dhitta Puti Sarasvati (Unknown)
Purnama, Indah Mayang (Unknown)
Simanjuntak, Parulian (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2025

Abstract

Kurikulum baru memberikan tantangan bagi para guru untuk terus belajar memahami dan mengimplementasikannya. Pada prosesnya akan menemukan kesulitan dan hambatan, namun dengan terus belajar dan berlatih, kesulitan dan hambatan dapat perlahan diatasi. Salah satu kesulitan yang ada adalah bagaimana menentukan pembelajaran yang esensial dan bertujuan bagi siswa dari sekian banyak materi yang ada. Melalui pendekatan Understanding by Design (UbD) atau “Pemahaman dengan Desain” dapat menjadi solusi dan memudahkan para guru untuk mendesain pembelajaran yang esensial dan bertujuan serta bermanfaat dan bermakna jangka panjang bagi siswa. Untuk memenuhi tujuan itu maka diselenggarakan pelatihan 16 JP selama 2 hari. Kegiatan terselenggara dengan baik dengan capaian pengetahuan dan keterampilan dari peserta serta produk berupa modul ajar dari setiap kelompok.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

BESIRU

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

BESIRU : Jurnal Pengabdian Masyarakat is an academic journal organized and operated by LPP Manggala Institute which aims to publish conceptual thoughts or ideas and research findings that have been achieved in the field of community development and application of science and technology, including ...