Jurnal Matematika Ilmiah Universitas Muhammadiyah Kuningan
Vol 11 No 1 (2025): JUMLAHKU VOL.11 NO.1 2025

HUBUNGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN ADVERSITY QUOTIENT DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Febriani Ratu Sakinah (Unknown)
Zubaidah R (Unknown)
Rustam (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Banyak peserta didik yang telah memberikan label negatif terhadap matematika yang mengakibatkan kebanyakan peserta didik malas untuk berusaha dan berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar. Hal tersebut seringkali disebabkan oleh kurangnya kesadaran diri terhadap matematika dan kemampuan menghadapi tantangan belajar. Penelitian ini bertujuan menguji hubungan antara kecerdasan intrapersonal dan adversity quotient dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas X di MAN 2 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 68 peserta didik kelas X A sampai dengan kelas X F yang dipilih dengan teknik Proportional Stratified Random. Data dikumpulkan melalui angketang telah melalui uji validitas dan reliabilitas untuk memastikan kualitas instrumen. Uji validitas menggunakan korelasi Pearson di mana seluruh butir pernyataan memiliki nilai rhitung > rtabel, sehingga dinyatakan valid. Sementara uji reliabilitas dilakukan dengan rumus Alpha Cronbach dan menghasilkan nilai 0,853 > 0,70 menunjukkan angket memiliki reliabilitas tinggi dan layak digunakan, serta tes essay yang mengukur hasil belajar matematika. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar matematika peserta didik dengan nilai korelasi pearson rhitung > rtabel yaitu 0,816 > 0,239. Demikian pula, adanya hubungan yang signifikan antara adversity quotient dengan hasil belajar matematika peserta didik dengan nilai korelasi pearson rhitung > rtabel yaitu 0,768 > 0,239. Analisis korelasi ganda juga menunjukkan bahwa kecerdasan intrapersonal dan adversity quotient secara bersamaan memiliki hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar matematika. Nilai korelasi ganda sebesar 0,871 menunjukkan bahwa semakin tinggi kecerdasan intrapersonal dan adversity quotient peserta didik, maka semakin tinggi pula hasil belajar matematikanya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JUMLAHKU: the scientific mathematics journal Universitas Muhammadiyah Kuningan, is a digital journal based on open access, has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal was founded by the Department of Mathematics ...