Masalah utama yang dihadapi dalam pendidikan anak autis adalah munculnya perilaku maladaptif seperti tantrum, agresivitas, perilaku menghindar, dan perilaku stereotipikal, yang dapat menghambat proses belajar dan perkembangan sosial. Pendekatan berbasis modifikasi perilaku sangat dibutuhkan untuk menangani permasalahan tersebut secara efektif dan etis. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan teknik-teknik modifikasi perilaku bagi anak autis. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik guru di SLBN 1 Pinrang. Evaluasi dilakukan melalui pretest dan posttest untuk menilai peningkatan pengetahuan (kognitif), lembar observasi praktik untuk menilai keterampilan (psikomotorik), serta kuesioner dan umpan balik terbuka untuk mengukur sikap dan kepuasan peserta (afektif). Hasil menunjukkan adanya peningkatan aspek kognitif dengan melihat nilai saat pretest dari kategori kurang menjadi kategori sangat baik saat posttest. Aspek afektif dan psikomotor dengan merujuk ke skala likert angka 1-5 diperoleh hasil rata-rata 4,5 ke atas atau kategori sangat baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025