MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Volume 3 Nomor 2 September 2024

Transformasi Nilai - Nilai Aspek Pendidikan Agama Islam Melalui Kepemimpinan Kepala Madrasah

Asror, Muhamad (Unknown)
Susanto, Susanto (Unknown)
Riadi, Selamat (Unknown)
Yasin, Muhamad (Unknown)
Kurniawan, Hariri (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2024

Abstract

Tata Nilai Agama Islam Mempunyai Sifat Hakiki yang datang dari Allah SWT, Sehingga kebenaranya diakui mutlak oleh para penganutnya. Yang membedakan pada aspek nilai-nilai ajaran Islam yang terbagi kedalam tiga macam hal, pertama nilai aqidah/keyakinan adalah mengajarkan manusia untuk percaya akan adanya Allah Yang Maha Esa dan Maha Kuasa serta menciptakan alam semesta ini, yang senantiasa mengawasi dan memperhitungkan segala perbuatan manusia di dunia, kedua nilai ibadah mengajarkan pada manusia agar dalam setiap perbuatanya senantiasa dilandasi hati dan niat yang ikhlas guna menciptakan ridho Allah, ketiga nilai akhlak mengajarkan kepada manusia untuk bersikap dan berperilaku yang baik seperti jujur, sikap rela berkorban, sopan, santun, tawakal, adil dan sabar. Peneliti tertarik melakukan penelitian ini karna walaupun background madrasah tapi latar belakang pendidikan setiap peserta didik berbeda-beda maka penanam nilai-nilai agama sangatlah lebih diprioritaskan dan peneleliti memfokuskan pada: bagaimana peran kepala Madrasah dalam penanaman nilai-nilai agama Islam pada peserta didik di Madrasah Aliyah 04 Kalirejo, dan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai agama Islam pada peserta didik di Madrasah Aliyah 04 Kalirejo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Jenis data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu data tertulis dan data yang tidak tertulis. Seluruh data di peroleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang ada, reduksi data, pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian yaitu, Peran kepala sekolah dalam penanaman nilai-nilai agama islam pada peserta didik di Madrasah Aliyah 04 Kalirejo, hal penting yang perlu di perhatikan ialah menumbuhkan dan melatih akidah, ibadah dan akhlaknya cara yang di terapkan oleh kepala Madrasah dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam pada peserta didik adalah membina kedisiplinan di sekolah, memotivasi peserta didik, memberi ketauladanan kepada peserta didik, membuat program kegiatan di madrasah, melalui perantara guru. Faktor pendukung adanya fasilitas yang memadai dan adanya dukungan kerjasama anatara guru dan orang tua peserta didik, faktor Penghambat adalah berasal dari peserta didik sendiri dan perbedaan pemberian keteladanan pada peserta didik antara di sekolah dengan di rumah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mindset

Publisher

Subject

Education

Description

MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah media publikasi ilmiah peer-review yang berfokus pada hasil penelitian di bidang Ilmu Manajemen Pendidikan , Manajemen dan Pendidikan . Jurnal ini diterbitkan oleh STAI Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah dengan EISSN : 2828-8009 dan terbit berkala ...