Pedagogik : Jurnal Pendidikan dan Riset
Vol. 3 No. 2 (2025)

Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal dalam Meningkatkan Pemahaman Bullying Pada Siswa MTs Muhammadiyah 01 Medan

Nazwa, Nazwa (Unknown)
Uli Makmun Hasibuan (Unknown)
Aulia Syahrani Raidila (Unknown)
Amelia Afra Kamilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menilai seberapa efektif layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai perilaku bullying di kelas VIII MTs Muhammadiyah 01 Medan. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan 16 siswa sebagai subjek. Layanan diberikan melalui beberapa siklus diskusi kelompok. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa setelah intervensi, sebanyak 56,25% siswa berada pada tingkat pemahaman tinggi dan 43,75% pada tingkat sedang, tanpa ada siswa yang masuk kategori rendah. Temuan ini mengonfirmasi bahwa layanan bimbingan klasikal mampu meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa tentang bullying serta mendorong perubahan sikap positif di lingkungan sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education and Community Dedication. Articles published in journals are the results of research or areas of educational and comunity dedication ...