Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep-konsep dasar penelitian pendidikan dan relevansinya dalam meningkatkan kualitas karya ilmiah di lembaga pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif-analitis yang mendalami literatur terkait dasar-dasar penelitian serta penerapannya dalam konteks pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman yang mendalam terhadap konsep-konsep dasar penelitian, seperti perumusan masalah, tinjauan pustaka, pemilihan metode, dan analisis data, berperan penting dalam membentuk karya ilmiah yang lebih sistematis, kritis, dan relevan dengan kebutuhan pendidikan Islam. Namun, penerapan konsep-konsep tersebut masih menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan akses terhadap literatur ilmiah dan kurangnya pendampingan akademik. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan strategi berkelanjutan seperti pelatihan metodologi penelitian, peningkatan akses terhadap literatur, dan penguatan budaya akademik di lembaga pendidikan Islam. Dengan demikian, penguatan konsep-konsep dasar penelitian diharapkan dapat meningkatkan kualitas karya ilmiah yang berkontribusi terhadap pengembangan pengetahuan dan praktik pendidikan Islam
Copyrights © 2025