JURNAL CURERE
Vol 9, No 1 (2025): Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining Terhadap Literasi Baca Tulis S

ANALISIS EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN: STUDI KASUS PADA MAHASISWA TINGKAT 2 AKADEMI REFRAKSI OPTISI KARTIKA INDERA PERSADA

Sahel, Sahel (Unknown)
Haryanti, Suci (Unknown)
Kartikawati, Atti (Unknown)
Lisnasari, Srie Faizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran blended learning pada mata kuliah Kewirausahaan di Akademi Refraksi Optisi Kartika Indera Persada. Data penelitian berupa nilai akademik 15 mahasiswa tingkat 2 semester IV tahun akademik 2024/2025 yang dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan ANOVA satu arah. Hasil menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelompok mahasiswa yang memperoleh nilai A dan B (F = 41,35; p < 0,05) dengan ukuran efek yang besar (Cohen's d = 3,33). Distribusi prestasi akademik menunjukkan 46,7% mahasiswa mencapai grade A dengan rata-rata 82,71 ± 1,25, dan 53,3% mencapai grade B dengan rata-rata 75,75 ± 2,60. Tidak ada mahasiswa yang memperoleh grade C, D, atau E, mengindikasikan efektivitas model pembelajaran blended learning. Komponen UAS memiliki rata-rata tertinggi (84,40), sementara kuis memiliki rata-rata terendah (65,67). Temuan ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran blended learning efektif dalam menghasilkan pencapaian akademik yang beragam namun memuaskan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

CURERE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal contains writings on the results of research in the field of Teacher Training either from Universitas Quality Lecturers and or from the others. The scopes of the research includes curriculum, teaching- learning, evaluation, quality education, management, and education ...