Penelitian ini bertujuan mengevaluasi keefektifan dan keefisienan program kelas matrikulasi di MTs al-Qur’an La Raiba Hanifida Jombang dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan teknik observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program matrikulasi tiga tingkat Al-Farobi, Al-Ghazali, dan Al-Jabbar berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran secara signifikan. Keberhasilan ini ditunjang oleh antusiasme siswa dalam mengikuti program, penggunaan model pembelajaran peta imajinasi Hanifida yang inovatif, serta adanya evaluasi rutin yang dilakukan oleh pihak sekolah. Meskipun masih terdapat kendala seperti keterbatasan fasilitas penunjang, program ini tetap berjalan efektif dan efisien karena mampu menjembatani kesenjangan latar belakang akademik siswa baru. Program ini dinilai relevan dan adaptif terhadap kebutuhan peserta didik yang berasal dari berbagai jenjang dan mutu pendidikan sebelumnya. Dengan adanya kelas matrikulasi ini, proses transisi pembelajaran menjadi lebih terarah dan sistematis, sehingga turut mendukung peningkatan mutu pendidikan di lingkungan madrasah. Rekomendasi ke depan adalah peningkatan sarana prasarana dan pengembangan kurikulum berbasis karakter untuk mempertahankan keberhasilan program secara berkelanjutan
Copyrights © 2025