Journal of Educational Review and Cultural Studies
Vol. 2 No. 1 (2024)

Membangun Teori Manajemen Pendidikan Islam Melalui Kajian Filsafat

Sukandar (Unknown)
Syarif , Muhammad (Unknown)
Subekti, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun teori manajemen pendidikan Islam melalui pendekatan kajian filsafat ilmu. Pendidikan Islam pada hakikatnya tidak hanya bertumpu pada aspek transfer pengetahuan saja, tetapi juga melibatkan transformasi nilai-nilai keislaman yang holistik. Pendekatan filsafat ilmu digunakan untuk menganalisis landasan ontologi, epistemologi, dan aksiologi yang mendasari pada teori manajemen pendidikan Islam. Penelitian ini fokus dan menekankan pada pentingnya integrasi antara wahyu, akal, dan pengalaman sebagai dasar epistemologi. Landasan ontologi didasarkan pada konsep tauhid yang menjadi inti pendidikan Islam, sedangkan aspek aksiologi menyoroti tujuan pendidikan untuk membentuk manusia yang memiliki karakteristik insan kamil. Salah satu nya Melalui kajian ini, disusun kerangka teori yang komprehensif, yang mencakup prinsip kepemimpinan Islami, pengelolaan sumber daya berbasis nilai, serta strategi inovatif yang relevan dengan tantangan zaman. Pada akhirnya Teori ini diharapkan memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan praktik manajemen pendidikan Islam yang adaptif dan berkelanjutan. Kata kunci: Manajemen Pendidikan Islam, Filsafat Ilmu, Ontologi, Epistemologi, Aksiologi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JERP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The Journal of Educational Review and Cultural Studies (JERCS) seeks rigorous, high-quality research in education, cultural studies, and the intersection of pedagogy and culture in relation to the manifold political, social, technological, ecological, and educational needs of the contemporary ...