Al-Irsyad: Journal of Education Science
Vol 4 No 2 (2025): Juli 2025

PERSPEKTIF PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMAN 112 JAKARTA

Wasliman, Iim (Unknown)
Sauri, Supyan (Unknown)
Asrofi, Imam (Unknown)
Juwarto, Juwarto (Unknown)
Haryono, Wasis (Unknown)
Yusuf, Yusuf (Unknown)
Sartono, Sartono (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis secara komprehensif implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka di SMAN 112 Jakarta, dimotivasi oleh urgensi penguatan karakter holistik peserta didik di era disrupsi informasi. Meskipun P5 dirancang untuk membangun enam dimensi Profil Pelajar Pancasila, studi sebelumnya menunjukkan adanya kesenjangan antara konsep ideal dan implementasi aktual, serta perlunya kajian kontekstual, khususnya terkait integrasi Enam Nilai Dasar Keuninusan (teologis, teleologis, logis, etis, estetis, dan fisiologis) sebagai gap studi. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif-analitis, data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, FGD, analisis dokumen, dan jurnal reflektif dari kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua. Temuan kunci menunjukkan bahwa SMAN 112 Jakarta telah mengimplementasikan P5 secara sistematis, didukung kepemimpinan transformasional dan kompetensi progresif guru dalam memfasilitasi pembelajaran bermakna. Integrasi nilai-nilai Keuninusan berhasil memperkaya dimensi filosofis P5, melampaui capaian kognitif semata dan menumbuhkan kesadaran moral, sosial, serta intelektual siswa. Meskipun demikian, tantangan kesiapan sumber daya dan kesinambungan dukungan kebijakan eksternal masih ada, menegaskan perlunya pengembangan profesional guru berkelanjutan dan dukungan sistemik institusi untuk optimalisasi P5 sebagai model pendidikan karakter berbasis proyek yang relevan dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jse

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Irsyad: Journal of Education Science (AIJES), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan Ilmu Pendidikan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, ...