Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi keterbatasan bahan ajar dengan mengembangkan buku saku berbasis mind mapping yang memenuhi kriteria kevalidan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) berdasarkan prosedur Borg dan Gall, yang meliputi tahapan Research and Information Collecting, Planning, Develop Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, dan Operational Product Revision. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi dan angket respon peserta didik untuk mengumpulkan data mengenai kevalidan produk serta tanggapan terhadap produk yang dikembangkan. Analisis data dilakukan secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan produk dengan persentase validasi media sebesar 85%, validasi materi sebesar 85%, validasi bahasa sebesar 83%, dan respon peserta didik sebesar 85%. Berdasarkan hasil tersebut, buku saku ini dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar pada materi sistem pernapasan untuk siswa kelas XI SMA. Produk hasil pengembangan ini diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran secara efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024