Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 6 No. 3 (2025): Volume 6 No 3 Tahun 2025

PENGINTEGRASIAN ECOLITERACY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN LINGKUNGAN SISWA SMA DI MEDAN

Sihite, Meida Rabia (Unknown)
Zulkarnain, Iskandar (Unknown)
Fransiska, Widia (Unknown)
Rangkuti, Linda Astuti (Unknown)
Nasution, Putra Thoip (Unknown)
Pohan, Rizqina Fauziah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2025

Abstract

Dampak masalah lingkungan yang semakin nyata mencerminkan kebutuhan mendesak untuk meningkatkan kesadaran ekologis di kalangan masyarakat, terutama generasi muda. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan serta keterampilan berpikir kritis siswa dengan mengintegrasikan ecoliteracy (literasi ekologis) dan kemampuan berpikir kritis melalui pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Dalam kegiatan ini, siswa SMA Muhammadiyah 1 Medan membuat poster dalam bahasa Inggris sebagai bagian dari pembelajaran mereka. Integrasi ecoliteracy dalam pembelajaran bahasa Inggris diharapkan tidak hanya meningkatkan keterampilan berbahasa tetapi juga menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan. Melalui pendekatan PBL, diharapkan siswa menjadi lebih sadar dan aktif dalam berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan di sekitar mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...