Biosfer: Jurnal Tadris Biologi
Vol 10 No 2 (2019): Biosfer: Jurnal Tadris Biologi

Analisis Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Program IPS: Dampak Model Pembelajaran Problem Posing

Aisyah, Siti (Unknown)
Lokaria, Eka (Unknown)
Harmoko, Harmoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X IPS SMA Negeri Tugumulyo. Metode penelitian yang digunakan eksperimen murni X IPS SMA Negeri Tugumulyo tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 135 orang yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes. Teknik analisis data dengan langkah-langkah: uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil analisis data post-test dengan menggunakan uji-t, diperoleh nilai  sebesar 4,59. Hasil ini dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa nilai  (4,59) >  (1,67), maka ada pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X IPS SMA Negeri Tugumulyo.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

biosfer

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Social Sciences Other

Description

Biosfer: Jurnal Tadris Biologi is a Scientific Journal managed by Biology Education UIN Raden Intan Lampung with registered numbers p-ISSN: 2086-5945 (print) and e-ISSN: 2580-4960 (online). The Purpose of the Journal of the Biosphere is a vehicle or vessel for pouring the latest theories, ...