Jurnal Al-Tadzkiyyah
Vol 12 No 1 (2021): Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam

URGENSI MEMBANGUN PARADIGMA QUR’ANI MAHASISWA INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER DI ERA DIGITAL

Mahfud, Choirul (Unknown)
Khairunisa, Amira (Unknown)
Prasetyo, Andry (Unknown)
Bayu, Emirsyah (Unknown)
Alfreda, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2021

Abstract

Paradigma qur’ani di kalangan mahasiswa sekarang ini menjadi urgensi dalam menghadapi era digital seperti sekarang ini, terutama dalam menuntut ilmu dan mengembangkan pengetahuan. Dengan berkembangnya teknologi di dunia, berbagai tantangan global hadir di tengah-tengah mahasiswa. Maka mahasiswa harus dibekali pendidikan islami agar bisa menghadapi persoalan yang datang dengan tetap berpedoman dengan Al-Qur’an, tidak hanya dengan kepandaian. Apabila seorang mahasiswa memanfaatkan teknologi tanpa dilandaskan dengan ajaran Al-Qur’an, maka akan terjadi penurunan moralitas generasi muda. Dengan menumbuhkan paradigma qur’ani di kalangan mahasiswa, diharapkan akan mencetak pemuda-pemudi yang cerdas intelektual serta berakhlak mulia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pentingnya paradigma qur’ani bagi mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember dalam menghadapi kehidupan di era digital. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif berupa survei melalui media formulir elektronik. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa mayoritas mahasiswa sadar akan pentingnya penerapan paradigma qur’ani dalam menghadapi era digital. Namun, mahasiswa belum atau kurang memahami cara membangun paradigma tersebut. Akibatnya, mahasiswa belum atau kurang menerapkan paradigma qur’ani dengan baik dalam menghadapi era digital.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tadzkiyyah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam discussed the raised issues concerning Islamic education and unbiased exchange of information on the results of scientific studies or research for scholars and practitioners in the field of Islamic education in theory and practice, and research learning Islamic ...