Jurnal Ilmiah Aquinas
Vol. 7 No. 2 (2024):, Juli 2024

PENGARUH KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 060903 MEDAN HELVETIA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Simbolon, Melyta (Unknown)
Lumban Gaol, Rumiris (Unknown)
Simarmata, Ester Julinda (Unknown)
HS, Dyan Wulan Sari (Unknown)
Pinem, Irmina (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kurikulum merdeka terhadap motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 060903 Medan Helvetia Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan jenis penelitian kuantitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan instrument angket Kurikulum merdeka sebanyak 27 pernyataan, instrument angket motivasi belajar sebanyak 25 pernyataan. Jumlah sampel penelitian sebanyak 30 siswa berdasarkan teknik purposive sample. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dari pengaruh kurikulum merdeka termasuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata 78,36 dengan hasil uji korelasi sebesar 0.613

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Aquinas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Media publikasi ilmiah bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris terbit dalam 2 (dua) kali setahun.Terbit Setiap Bulan Juli dan januari Setiap ...