JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pendidikan Maritim untuk Masa Depan: Program Edukasi Guru PAUD dalam Menanamkan Nilai Kemaritiman pada Anak Usia Dini

Adnan, Adnan (Unknown)
Jeti, La (Unknown)
Saleh, Rachman (Unknown)
Tarno, Tarno (Unknown)
Yamin, Kurnia Fadillah (Unknown)
Desti, Desti (Unknown)
Suciyanti, Suciyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2025

Abstract

Indonesia sebagai negara maritim memiliki potensi kelautan yang sangat besar, namun rendahnya literasi kemaritiman sejak dini menjadi tantangan yang perlu diatasi. Kurangnya pemahaman guru PAUD terhadap nilai-nilai kemaritiman menyebabkan minimnya integrasi konsep maritim dalam pembelajaran. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi-sosialisasi kepada guru PAUD tentang pendidikan kemaritiman, serta meningkatkan kapasitas mereka dalam mengajarkan nilai-nilai tersebut secara kontekstual dan menyenangkan. Kegiatan dilaksanakan di PAUD Anak Sholeh, Kecamatan Pasarwajo, melalui metode sosialisasi, diskusi, dan simulasi pembelajaran. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan kesiapan guru PAUD dalam mengintegrasikan nilai-nilai kemaritiman ke dalam proses pembelajaran. Mahasiswa yang terlibat memperoleh pengalaman nyata dalam menerapkan ilmu dalam menyelesaikan masalah sosial. Kesimpulannya, dapat memberikan dampak positif dalam memperkuat peran guru PAUD sebagai agen pendidikan maritim dan mendorong penguatan karakter anak sejak dini melalui pendekatan yang sesuai dengan konteks lokal. Kegiatan ini menjadi model kolaboratif antara perguruan tinggi dan masyarakat dalam membangun kesadaran maritim generasi muda.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...