JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits

Shafira, Syarifah Asma (Unknown)
Azzahra, Sofia (Unknown)
Zubaidah, Zubaidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penggunaan media pembelajaran dalam rangka meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Min 5 Banda Aceh. Seiring kemajuan era digital, integrasi media berbasis teknologi telah menjadi metode yang dinilai efektif guna memperkuat mutu proses belajar mengajar. Dengan mengadopsi pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui telaah dokumen, observasi pelaksanaan pembelajaran di kelas, dan wawancara mendalam dengan pendidik. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa penerapan media seperti audio rekaman murattal, video interaktif, serta aplikasi digital untuk hafalan Al-Qur’an berkontribusi signifikan dalam meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan daya serap informasi peserta didik selama proses menghafal. Kendati demikian, masih terdapat kendala berupa belum meratanya pemanfaatan media secara maksimal oleh guru, yang disebabkan keterbatasan fasilitas serta minimnya pelatihan teknis. Dengan demikian, diperlukan penyesuaian orientasi dalam perancangan pembelajaran, sehingga Al-Qur’an tidak hanya dipandang sebagai materi ajar, namun juga dapat difungsikan sebagai media pembelajaran transformatif. Implikasi hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih terhadap pengembangan strategi inovatif pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits, dengan menekankan pada penguatan ranah kognitif, afektif, maupun spiritual peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...