JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengembangan Labsheet Pratikum Bahan Bangunan pada Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan

Hutria, Wahyu (Unknown)
Putri, Mita Dwi (Unknown)
Dirga, Muh. Fisqi (Unknown)
Fatahillah, Al (Unknown)
Atika, Liana (Unknown)
Zuwida, Nidal (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan labsheet Praktik Bahan Bangunan yang sudah ada sebelumnya sebagai upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Medan dalam ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Latar belakang penelitian ini didasari oleh temuan awal terkait keterbatasan isi materi, ketidaksesuaian prosedur kerja dengan peralatan laboratorium, serta kurangnya inovasi dalam media ajar yang tersedia. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp yang meliputi tiga tahap: investigasi awal, pengembangan prototipe, dan penilaian. Instrumen validasi menggunakan angket berbasis skala Likert untuk menilai aspek keterbacaan, relevansi isi, dan efektivitas penggunaan. Proses evaluasi dilakukan melalui tahapan self-evaluation, expert review, dan one-to-one evaluation. Hasil validasi menunjukkan skor rata-rata sebesar 3,71 dari skor maksimum 4,00 atau persentase kelayakan 92,64%, yang mengindikasikan bahwa labsheet berada pada kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian, produk labsheet yang dikembangkan terbukti valid dan siap digunakan dalam mendukung pembelajaran praktikum berbasis konstruksi teknik bangunan secara lebih efektif dan kontekstual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...