Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 2 (2025): JULI 2025

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN PBL SISWA KELAS IV C SDN 134 PANORAMA

Marvika, Billyana (Unknown)
Iriawan, Sandi Budi (Unknown)
Nurlaela, Enung (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa pada mata Pelajaran IPAS kelas IV C SDN 134 Panorama melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar materi pelaku kegiatan ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 52,63%, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 94,73%. Peningkatan hasil belajar yang terjadi antara siklus I dan II adalah 42,1%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning pada materi pelaku kegiatan ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV C SDN 134 Panorama.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...