Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 2 (2025): JULI 2025

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBASIS DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V

Christi, Maria Angel (Unknown)
Gandamana, Apiek (Unknown)
Ambarita, Dody Feliks Pandimun (Unknown)
Aulia, Sri Mustika (Unknown)
Purnomo, Try Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya suatu perbedaan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa dengan memakai model pembelajaran word square berbasis. Penelitian ini dilakukan di SDN 060922 Tj. Rejo, Medan. Metode penelitian yang digunakan ialah pre eksperimental dengan desain one-group-pre-test-post-test. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sample yang melibatkan 20 siswa sebagai sampelnya. Hasil analisis data menampilkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar Pendidikan Pancasila kelas V setelah menggunakan model pembelajaran word square adalah 81,25 sedangkan nilai rata-rata pada saat melakukan pretest adalah 57, 25. Hal ini tentu menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam penggunaan model pembelajaran Word Square berbasis digital pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Dengan demikian peneliti menyarankan agar guru boleh memanfaatkan model pembelajaran Word Square berbasis digital ini dalam pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...